Kerajinan dari Bahan Batu

Kerajinan dari bahan batu merupakan sub materi Prakarya kelas IX SMP dari bab Kerajinan dari Bahan Buatan. Pada materi ini kita akan belajar jenis kerajinan batu, karakteristik bahan batu, dan contoh kerajinan batu beserta alat bahan dan teknik pembuatannya.

Indonesia memiliki sumber daya alam yang sangat kaya, salah satunya sumber daya batuan. Adapun jenis batuan yang bisa ditemukan di Indonesia antara lain batuan beku, sedimen, dan metamorf. Dari berbagai jenis batuan tersebut tentu saja selain dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku industri juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan kerajinan.

Jenis dan Karakteristik Kerajinan dari Bahan Batu

Pada dasarnya, jenis batu yang digunakan untuk bahan kerajinan terbagi menjadi tiga jenis, yaitu batuan beku, batuan sedimen, dan batuan metamorf. Batuan beku adalah batuan yang terbentuk karena proses pengeluaran lava dari dalam bumi, cotohnya batu granit. Batuan
sedimen adalah batu yang terbentuk karena proses sedimentasi selama ribuan tahun. Proses sedimentasi tersebut terjadi pada partikel-partikel bebatuan sehingga menjadi keras dan mengubahnya menjadi batu yang baru. Contoh dari batu sedimen adalah batu gamping dan batu paras. Batu metamorf adalah batuan pada lapisan sedimen yang mendapatkan panas dan tekanan yang mengalami proses perubahan kimiawi. Akibatriya, dapat terbentuk kristal baru. Contoh proses matamorf batuan adalah batu gamping yang berubah menjadi batu marmer. Tulungagung, Jawa Timur merupakan daerah yang banyak menghasilkan batu marmor

Kerajinan Batu Granit

Batu granit adalah jenis batuan beku yang digunakan sebagai bahan kerajinan. Proses pembuatannya dilakukan dengan cara mengukir atau menggerus batu tersebut. Batu granit memiliki berbagai variasi warna dengan ukuran kristal bermacam-macam, dari butiran kasar
hingga butiran yang sangat padat dan halus. Batu paras adalah suatu bentuk dari batu sedimen yang terbentuk dari lapisan pasir yang terekat bersama silika atau kalsium karbonat. Batu paras biasanya memiliki lapisan yang khas. Karakter kandungan batu paras mudah dibentuk dengan menggunakan peralatan ukir.

Kerajinan Batu Gamping

Batu gamping adalah batuan sedimen yang sebagian besar disusun oleh Kalsium karbonat yang berasal dari sisa-sisa organisme laut, seperti kerang, siput laut, dan koral yang sudah mati. Komponen pembentuk terbesar batu gamping adalah kalsium karbonat atau kalsit mineral. Karakter batu gamping mudah diukir sehingga dapat menghasilkan kerajinan dengan bentuk-bentuk yang lebih detail. Di samping itu, batu gamping dapat digunakan sebagai penyangga yang cukup kuat. Ciri-ciri dari batu gamping di antaranya warna yang dimilikinya tidak variatif dan relatit polos dibandingkan dengan marmer. Dengan karakter yang dimilikinya, batu gamping sangat cocok untuk kerajinan dekorasi luar ruangan.

Kerajinan dari Bahan Batu Granit Gamping

Kerajinan Batu Marmer

Batu marmer memiliki karakter bahan yang relatif lebih keras dibandingkan batu gamping. Batu marmer memiliki tingkat kesulitan penggarapan yang cukup tinggi. Akan tetapi, batu marmer dapat dibentuk dengan tingkat detail yang lebih baik. Melalui teknik polesan tertentu, struktur kristal yang ada di dalam batu marmer akan terlihat sangat cemerlang. Batu jenis ini tidak tahan terhadap asam. Oleh karena itu, batu marmer bukan pilihan yang baik untuk dijadikan hiasan luar ruangan. Batu pualam merupakan bebatuan yang sangat lunak untuk dipahat dan diukir, cenderung rapuh, dan mudah terbelah menjadi serpihan. Namun, batu marmer memiliki varian warna dan pola yang indah dan menawan.

Berdasarkan karakteristik berbagai jenis batu tersebut, batu banyak diproduksi menjadi berbagai produk kerajinan, seperti aksesori pelengkap busana, penghias benda, dan penghias hiasan untuk ruang interior dan eksterior. Salah satu jenis batu yang paling banyak digunakan untuk perhiasan adalah batu mulia atau batu warna (batu akik). Batu mulia merupakan jenis batu yang memiliki bentuk dan warna yang indah. Pembentukan batu mulia tidak jauh berbeda dengan pembentukan batuan atau mineral secara umum. Pembentukan batu mulia dapat terjadi melalui diferensiasi magma, metamorfosis, dan sedimentasi. Kerajinan dari bahan batu mulia banyak diproduksi untuk dijadikan benda yang bersifat fungsional, seperti berupa wadah, cepuk, hiasan dinding, air mancur, patung, relief, dan cobek. Daerah penghasil batu warna dengan kualitas terbaik di Indonesia terletak di Martapura, Kalimantan Selatan.

Kerajinan dari Bahan Batu Marmer Kali

Baca juga: Kerajinan Bahan Logam

Bahan, Alat, Teknik, dan Proses Pembuatan Karya Kerajinan dari Bahan Batu

Produk kerajinan batu biasanya berupa wadah dan cepuk. Kerajinan dari bahan batu diproses dari batu alam yang dibentuk menggunakan tatah khusus batu secara bertahap dan manual. Setelah itu, pada saat bentuk sudah diperoleh diperhalus dengan gerinda agar teksturnya halus. Keunggulan dari kerajinan batu adalah teksturnya yang khas dan memiliki ketahanan yang awet.

Di samping itu, pengolahan kerajinan dari bahan batu juga menggunakan teknik pahat atau carving. Teknik carving dilakukan terhadap jenis batu yang teksturnya memiliki tingkat kekerasan yang bervariatif. Jenis batu merupakan batu endapan yang sifatnya sangat keras,
seperti batu granit yang berwarna abu-abu, batu yang lebih lunak, seperti batu pasir dan batu gamping, dan batu yang cukup keras, seperti batu kuarsa dan marmer.

Pembuatan kerajinan dari bahan batu dengan teknik carving dilakukan melalui dua cara, yaitu cara langsung (direct), seperti pembuatan patung yang disesuaikan dengan bentuk bongkahan batu dan cara tidak langsung (indirect), seperti pembuatan patung disesuaikan dengan
desain atau model. Sebuah industri yang berkecimpung dalam pembuatan kerajinan batu asli berasal dari bahan-bahan batu dari lereng Gunung Merapi. Produk yang dihasilkan berupa kerajinan batu cobek, lumpang, ulekan, hiasan taman, seperti air mancur, patung, dan keramik/
ubin batu. Bahan baku dalam pembuatan kerajinan batu berasal dari Gunung Merapi. Muntilan, Magelang, terkenal memiliki batu berkualitas baik. Alat-alat utama yang digunakan untuk memproduksi kerajinan dari batu adalah tatah ukir dan gerinda.

Demikian materi kita tentang Kerajinan dari bahan batu merupakan sub materi Prakarya kelas IX SMP dari bab Kerajinan dari Bahan Buatan. Semoga mampu membantu kalian dalam menguasai materi prakarya, ya. Terutama jenis kerajinan batu, karakteristik bahan batu, dan contoh kerajinan batu beserta alat bahan dan teknik pembuatannya.

Tinggalkan komentar